Petunjuk
Teknis
|
Penggunaan
Aplikasi SALAM
BRIS
|
Panduan Bagi untuk menggunakan
aplikasi SALAM BRIS (Sistem Aplikasi Laboratorium Minibanking BRISyariah) / OS
BANK SYARIAH FEBI
(Nomor
Juknis : 019/SOP-IBS/10/2015)
versi 1.2
Oktober 2015
KONTROL DOKUMEN
Nomor Dokumen
: 019/SOP-IBS/10/2015
Versi
|
Tanggal
Pembuatan/Revisi
|
Deskripsi
|
Ditulis oleh
|
Direview oleh
|
1.0
|
Oktober 2015
|
Dokumen awal
|
Zaldy Suhatman
|
IBS
|
1.1
|
Oktober 2015
|
Penambahan Modul Funding
|
Budi Utama
|
IBS
|
1.2
|
Oktober 2015
|
Penambahan Modul Financing
|
Zaldy Suhatman
|
IBS
|
|
|
|
|
|
3020HALAMAN PENGESAHAN
Petunjuk Teknis (Juknis) Penggunaan
Aplikasi SALAM BRIS (Sistem Aplikasi Laboratorium Minibanking BRISyariah)
ini adalah dokumen yang telah
disahkan untuk menjadi panduan teknis bagi user dalam operasional Pemakaian
Aplikasi SALAM BRIS
Dokumen ini
menjadi hak cipta Information Technology Group
PT. Bank BRISyariah
Jakarta,
Oktober 2015 Mengetahui
Sam’on Hidayat IT Group Head
PENDAHULUAN
Aplikasi SALAM BRIS adalah Aplikasi simulasi yang
diperuntukan untuk Praktikum Perbankan Syariah pada Universitas yang mempunyai
jurusan Perbankan Syariah. Aplikasi ini didesain khusus oleh IT Group
BRISyariah yang disesuaikan dengan kegiatan operasional perbankan syariah
khususnya pada Bank BRISyariah.
Pada Aplikasi ini terdapat beberapa Modul yaitu :
1.
Front Office Modul
2.
Back Office Modul
3.
Customer Information File (CIF ) Modul
4.
Current Account / Saving Account
5.
Time Deposit Modul
6.
Pembiayaan Modul
7.
GL Modul
8.
Reporting Modul
Petunjuk Teknis (Juknis)
Penggunaan Aplikasi SALAM BRIS ditujukan sebagai panduan bagi
pengguna untuk menggunakan Aplikasi ini dari Pembukaan CIF hingga COB.
1. Pengenalan Mini Banking
SALAM BRIS merupakan aplikasi web based yang menggunakan userid dan
password untuk dapat mengaksesnya. Berikut sekilas tampilan Mini banking
Setelah diinput userid dan password maka pengguna dapat masuk
kedalam aplikasi mini banking dan akan mendapatkan menu sesuai dengan
kewenangan.
Penjelasan
gambar :
A)
Merupakan informasi nama pengguna
yang sedang login, Role user, dan
Cabang dimana user yang login terdaftar
B)
Merupakan daftar menu yang sesuai dengan pengguna
yang sedang login.
C)
Menu Isian atau informasi jika salah satu daftar
menu pada area B di pilih
D)
Informasi tanggal system yang aktif.
2. Modul CIF (customer indentification file)
Modul CIF adalah modul paling awal dalam proses
pembukaan rekening. Setiap calon nasabah harus mempunyai nomor CIF, no CIF pada
mini banking ini terdiri dari 11 digit angka. Modul CIF ini ada pada setiap
modul. Karena setiap pembukaan rekening tabungan, giro, deposito membutuhkan no
CIF. Selain itu setiap pembukaan Agunan/Jaminan, Fasilitas dan Pembiayaan
membutuhkan No. CIF.
Pembukaan CIF
Pembukaan CIF dilakukan oleh Customer Service. Menu yang yang
dipilih adalah CIF – Pembukaan CIF
kemudian akan muncul menu isian untuk CIF di sebelah kanan setelah
diisi lengkap seperti dibawah ini lalu klik tombol buat CIF
akan muncul
pesan bahwa pembukaan CIF berhasil dan tampilan seperti dibawah ini.
Setelah Proses pembukaan CIF berhasil dapat dilanjutkan dengan
Pembukaan Rekening yang akan kita bahas pada Modul selanjutnya.
Inquiry CIF
Inquiry CIF
adalah menu yang digunakan untuk mencari no CIF yang telah dibuat sebelumnya.
Portofolio Nasabah
Untuk melihat Portofolio nasabah atau daftar rekening dan pembiayaan seorang nasabah dapat menggunakan menu Inquiry CIF, kemudian mencari nasabah yang diinginkan, lalu klik menu portofolio. Akan muncul data CIF nasabah dan daftar rekening yang dimiliki oleh nasabah tersebut
Maintain Data CIF
Untuk merubah data nasabah CIF, yang harus dilakukan adalah klik
pada menu inquiry CIF kemudian cari nasabah yang akan di ubah datanya setelah
itu di klik tombol ubah data CIF
maka akan
muncul pesan proses maintain CIF telah berhasil
3. Modul Front OfficeSub Modul Supervisor Backoffice
Modul front office
modul terdiri dari beberapa sub modul yaitu :
1.
Sub Modul Customer
Service
Sub modul ini terdiri dari pembukaan Rekening Tabungan
Wadiah, Giro Wadiah, Deposito Mudharabah, Penerbitan Cek/BG, Pemeliharaan
Rekening (Blokir saldo dan Blokir / Lepas Rekening), Penutupan rekening
2. Sub Modul Teller
Sub Modul ini terdiri dari Inquiry Rekening Koran ,
Transaksi teller, Awal hari, Akhir
Hari, Setor Tunai, Tarik Tunai, Tarik Tunai tutup rekening, Pindah Buku,
Inquiry Transaksi Teller dan inquiry transaksi teller yang belum diotorisasi
3. Sub Modul Supervisor
Sub Modul Supervisor terdiri dari Otorisasi untuk
seluruh Sub Modul Customer Service, Sub Modul Teller hingga Modul Pembiayaan.
Sub Modul Customer Service
Pembukaan Rekening Tabungan / Giro
Pembukaan Rekening Tabungan dilakukan oleh Customer Service dengan
menggunakan menu Pembukaan- Rekening.
Dipilih Produk yang akan dibuka Tabungan atau giro, kemudian
dilanjutkan dengan Penginputan no. CIF. Dan data-data lainnya
Setelah selesai
di klik tombol Buat Rekening, akan muncul pesan menunggu otorisasi Spv
Pemeliharaan Rekening
Menu Pemeliharaan Rekening terdapat beberapa fungsi yaitu untuk
blokir saldo dan blokir rekening, Blokir saldo digunakan untuk memblokir
sejumlah saldo namun masuh dapat bertransaksi. Sedangkan blokir rekening
digunakan untuk meblokir rekening agar tidak bisa di debet, tidak bisa dikredit
atau tidak bisa bertransaksi
Blokir Saldo
Pilih menu
Rekening – P emeliharaan Rekening – Blokir Saldo
masukkan data rekening
yang akan di blokir saldonya lalu klik tombol create , maka muncul pesan
Otorisasi oleh
supervisor:
Blokir/Lepas Rekening
Untuk melakukan
Blokir Debet, Kredit Atau Blokir Rekening maka digunakan menu ini.
Pilih menu Rekening – P emeliharaan Rekening – Blokir / Lepas
Rekening Masukkan no rekening yang akan di maintain.
Lalu klik
tombol cari, maka akan muncul:
Pilih tipe blokir, Debet, Kredit, Rekening atau Lepas kemudian
masukkan keterangan blokir Lalu Klik tombol Create , akan muncul pesan menunggu
otorisasi SPV
Penutupan Rekening
Menu ini digunakan unuk menutup rekening. Menu yang
digunakan adalah Rekening – Penutupan rekening, Masukkan No rekening yang akan
di tutup kemudian klik Cek Rekening maka data-data rekening tersebut akan
muncul, yang perlu dilakukan adalah diinput alasan tutup dan melakukan
pemilihan sisa saldo, apakah akan di tarik tunai atau pindah buku. Setelah
selesai Klik tombol tutup rekening
maka akan muncul:
Lalu Klik tombol detail, maka muncul:
Inquiry Rekening Aktif
Inquiry Rekening Tidak Aktif
Inquiry Rekening Koran
Cek / BG
Cek / Bilyet
Giro adalah salah satu sarana penarikan tunai untuk jenis rekening giro.
Penerbitan Cek/BG
Untuk
penerbitan Cek digunakan menu Cek/BG – Penerbitan Cek
Setelah data-data diisi dengan lengkap maka klik tombol create, akan
muncul pesan menunggu otorisasi SPV
Deposito
Pembukaan
Deposito dilakukan oleh Customer Service.
Pembukaan Deposito
Pembukaan
deposito dilakukan dengan menggunakan menu Deposito – Pembukaan Deposito
Pilih menu
Inquiry Deposito – Break Deposito
setelah selesai dinput data-datanya klik tombol Break Deposito,
kemudian akan muncul pesan untuk otorisasi oleh supervisor
Inquiry Deposito
Inquiry Break Deposito Belum Diotorisasi
Inquiry Deposito Aktif
Inquiry Deposito Tidak Aktif
Sub Modul Teller
Rekening
Inquiry Rekening
Klik menu
Inquiry – Inquiry Rekening
Lalu klik
tombol Tampilkan, maka akan muncul:
Transaksi Teller
Transaksi Awal hari
Transaksi pengambilan modal untuk
awal hari. Diisikan data Lalu klik tombol create, maka muncul:
Transaksi
membutuhkan otorisasi supervisor
Transaksi Akhir Hari
Untuk Penyetoran modal akhir hari. Otomatis akan muncul jumlah saldo
yang di punyai oleh teller. lalu klik tombol create, akan muncul:
Transaksi Setor Tunai
Menu ini digunakan untuk melakukan setoran tunai. Data-data yang diinput adalah No Rekening, Nominal dan Keterangan, setelah lengkap Lalu klik Tombol simpan
Jika transaksi
setoran melebihi limit teller maka contohnya sbb:
Menunggu
otorisasi dari spv
Transaksi Tarik Tunai
Untuk Penarikan tunai dapat menggunakan menu transaksi tunai.
Masukkan no rekening dan nominal penarikan
Lalu klik
tombol simpan, maka akan muncul:
Jika transaksi tarik tunai melebihi limit transaksi teller maka
harus meminta otorisasi dari spv (langkahnya sama dengan setoran yang melebihi
limit transaksi)
Pindah Buku
Lalu klik
tombol proses, maka akan munculnya
Lalu klik
Otorisasi, maka akan muncul:
Inquiry Cek BG
DEPOSITO
Otorisasi Pembukaan Deposito
Sebelum deposito dapat terbit maka harus dilakukan Otorisasi
terlebih dahulu. Dengan menggunakan menu Deposito – Otorisasi Pembukaan
Deposito
TRANSAKSI TELLER
Pilih Menut Otorisasi transaksi
awal hari teller Lalu klik Otorisasi, maka akan muncul:
Otorisasi Transaksi Teller
Otorisasi transaksi setor
Pilih transaksi
yang akan di otorisasi lalu klik OTORISASI, maka muncul:
4. Modul BackOffice
Modul backoffice adalah modul yang berkaitan dengan kegiatan
backoffice suatu Cabang. Modul backoffice terdiri dari beberapa sub modul yaitu
1.
Sub Modul Back Office
Sub modul ini terdiri dari inquiry rekening, Transaksi Pindah Buku
Umum, inquiry Transaksi Pindah Buku Umum dan Informasi Akun
2.
Sub Modul Administrasi Pembiayaan
Sub Modul ini terdiri dari pembukaan jaminan, Pembukaan Fasilitas,
Penambahan Fasilitas dan Pembukaan Pembiayaan.
3.
Sub Modul Operasional Pembiayaan
Sub Modul ini
terdiri dari Pembayaran Uang muka, Pencairan Pembiayaan
4.
Sub Modul Operasional Kantor Pusat
Sub Modul ini
terdiri dari Pembuatan User dan Proses Close of Business
5.
Sub Modul Supervisor Backoffice
Sub Modul ini terdiri dari otorisasi untuk Sub Modul Backoffice,
Administrasi Pembiayaan, Operasional Pembiayaan, Operasional Kantor Pusat.
Sub Modul Backoffice
Menu ini digunakan untuk melakukan transaksi pindah buku umum,
seperti pembayaran Alat Tulis Kantor, Pembelian Gedung, Pembelian Bensin dan
lain-lain. Setelah login dengan user backoffice. Pilih Transaksi Lainnya –
Transaksi Pindah Buku Umum.
Setelah diinput
no rekening debet dan no rekening kredit klik tombol proses
akan muncul
transaksi membutuhkan otorisasi.
Login dengan menggunakan menu supervisor kemudian pilih Transaksi
Lainnya – Otorisasi Transaksi Pindah Buku Umum.
Klik Otorisasi
– kemudian Klik Tombol Otorisasi
Transaksi Telah
berhasil di otorisasi
Sub Modul Administrasi Pembiayaan
Struktur pembiayaan dari Mini Banking ini adalah
Pembukaan Jaminan, Pembukaan Fasilitas, Pembukaan Pembiayaan. Untuk saat ini
Pembiayaan yang baru diakomodasi adalah Pembiayaan Murabahah.
Untuk pembukaan Pembiayaan yang perlu disiapkan no CIF yang sudah
mempunyai rekening tabungan atau giro untuk pencairan dan pendebetan biaya.
Pembukaan Jaminan
Setelah mendapatkan data di atas maka login dengan menggunakan
userid Administrasi Pembiayaan. Pilih Menu Jaminan – Pembukaan Jaminan. Seperti
gambar berikut.
Masukkan No CIF dan klik cari, akan muncul Field agunan yang perlu
diisi, Isi seluruh field dengan benar
Setelah itu
klik tombol proses. Jaminan harus diotorisasi terlebih dahulu oleh supervisor.
Pembukaan Fasilitas
Setelah
pembukaan jaminan dan telah diotorisasi maka dapat dilanjutkan dengan Pembukaan
fasilitas.
Menu yang dipilih adalah Menu Fasilitas – Pembukaan Fasilitas
kemudian masukkan no CIF dan klik tombol Cari
terdapat 2 jenis fasilitas yaitu unsecure dan secure,
dimana unsecure tidak membutuhkan jaminan
hingga nominal Rp. 25.000.000 namun untuk fasilitas diatas Rp.
25.000.000 membutuhkan jaminan. Setelah diisi dengan Nominal fasilitas kemudian
diklik tombol Proses
Pembukaan Pembiayaan
Setelah pembukaan fasilitas maka kita dapat melanjutkan dengan
Pembukaan Pembiayaan. Dengan memilih menu Pembiayaan – Pembukaan Pembiayaan
Murabahah.,
masukkan no
CIF dan klik tombol Cari
Akan Muncul
menu Pembukaan Pembiayaan yang harus diisi
Dapat dilakukan Penginputan Biaya sesuai dengan kebutuhan, Biaya
Appraisal, Biaya Asuransi Jiwa dan lain-lain
setelah klik tombol proses maka akan muncul pesan pembiayaan belum
diotorisasi serta data-data mengenai pembiayaan dan schedule angsuran.
Sub Modul Operasional Pembiayaan
Sub Modul ini dipakai setelah Pembukaan Pembiayaan
selesai. Pada sub modul ini yang dilakukan adalah Pembayaran uang Muka,
Pendebetan Biaya-biaya dan Pencairan Pembiayaan Ke Rekening Nasabah
Pembayaran Uang Muka dan Biaya
Untuk pembayaran uang muka dan Pendebetan Biaya setelah pembukaan
pembiayaan selesai.
Pilih pada menu Pembiayaan Murabahah – Pembayaran Uang Muka dan
Biaya
masukkan no Pembiayaan. Setelah itu akan muncul detail transaksi
setelah itu
melakukan proses otorisasi oleh supervisor
Pencairan Pembiayaan Murabahah
Setelah Otorisasi Pembayaran Uang Muka dan Biaya-biaya. Maka
dilanjutkan dengan pencairan Pembiayaan ke Rekening Nasabah.
Pencairan Pembiayaan dilakukan oleh Loan Ops. Dengan membuka menu Pencairan Pembiayaan Murabahah
Kemudian
dimasukkan no pembiayaan yang akan dicairkan
Kemudian klik
tombol cari, akan muncul detail pembiayaan dan angsuran
Kemudian jika data sudah benar maka di klik pada tombol Proses
Pencairan Pembiayaan maka dana akan langsung masuk ke rekening nasabah.
Untuk
melihatnya kita bisa menggunakan inquiry rekening koran apakah sudah berhasil
atau belum
Sub Modul Operasional Kantor Pusat
Sub modul ini digunakan untuk menambah user sesuai dengan
kewenangan. User yang ditambahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dan juga
untuk melakukan proses Close Of Business atau akhir hari.
Tambah User
Untuk
penambahan user dapat dilakukan dengan memilih menu User – Tambah User
Setelah diisi
dengan lengkap pilih tombol create. User akan muncul pesan bahwa user telah
dibuat
Inquiry User
Selain menu tambah user, terdapat menu inqury user yang dapat
digunakan untuk mengubah data, mengganti password dan menonaktifkan userid
pada user yang
akan dilakukan perubahan klik tombol Pencil.
Lakukan
perubahan pada data yang diinginkan kemudian klik tombol save.
Close Of Business (Akhir Hari)
Menu ini digunakan untuk melakukan proses Akhir hari atau Akhir
Bulan. Proses ini dilakukan oleh Petugas Kantor Pusat. Biasanya proses ini
dilakukan pada malam hari.
Untuk melakukan proses akhir hari / akhir bulan pilih pada menu
Close Of Business – Proses Close of Business.
Menu ini akan otomatis mendeteksi tanggal system hari ini. Kemudian tanggal hari kerja berikutnya. Jika tanggal hari kerja berikutnya adalah tanggal 1 bulan berikutnya. Maka secara system proses yang dilakukan adalah Akhir Bulan.
Sub Modul Supervisor Backoffice
Otorisasi Pembukaan Jaminan
Pilih Menu –
Jaminan – Otorisasi Pembukaan Jaminan.
Pilih Jaminan
yang akan ditorisasi.
Klik Otorisasi.
Otorisasi
Pembukaan Fasilitas
Pilih Menu
Fasilitas – Otorisasi Fasilitas, Pilih fasilitas yang akan diotorisasi
Akan muncul
informasi Fasilitas telah diotorisasi dan detail fasilitas
Otorisasi Pembukaan Pembiayaan Murabahah
Setelah
dilakukan pembukaan pembiayaan maka akan dilakukan Otorisasi oleh Supervisor
Pilih
pembiayaan yang akan di otorisasi
akan muncul
detail pembiayaan dan schedule angsuran.
Klik otorisasi setelah itu melakukan pencetakan Surat
Perintah Pencairan Pembiayaan (SP3)
setelah dilakukan pencetakan, proses pembukaan pembiaayaan selesai.
Selanjutnya adalah Proses Pencairan dan pendebetan biaya
Otorisasi Pembayaran uang Muka dan Biaya
Setelah dilakukan penginputan Pembayaran uang muka dan biaya maka
harus dilakukan otorisasi oleh supervisor
DAFTAR KONTAK
Laboratorium Mini Banking
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka
Raya
HP :
085654159455
Email : febi@iain-palangkaraya.ac.id
|
IT Business Analyst Department Information Technology Group
PT Bank BRISyariah
Menara
Jamsostek Selatan Lt. 24 Jl. Gatot Subroto 38, Jakarta 12710
Telp :
+6221 52901777 142
Faks :
+6221 52901785
Email
: ibs@brisyariah.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar