Rabu, 06 Juni 2018

Pedoman Praktik Bank Mini Prodi Perbankan Syariah IAIN Palangka Raya



Petunjuk Teknis
Penggunaan
Aplikasi SALAM BRIS


Panduan Bagi untuk menggunakan aplikasi SALAM BRIS (Sistem Aplikasi Laboratorium Minibanking BRISyariah) / OS BANK SYARIAH FEBI
(Nomor Juknis : 019/SOP-IBS/10/2015)

versi 1.2
Oktober 2015


DAFTAR ISI



KONTROL DOKUMEN

Nomor Dokumen : 019/SOP-IBS/10/2015




Versi
Tanggal
Pembuatan/Revisi
Deskripsi
Ditulis oleh
Direview oleh
1.0
Oktober 2015
Dokumen awal
Zaldy Suhatman
IBS
1.1
Oktober 2015
Penambahan Modul Funding
Budi Utama
IBS
1.2
Oktober 2015
Penambahan Modul Financing
Zaldy Suhatman
IBS







3020HALAMAN PENGESAHAN

Petunjuk Teknis (Juknis) Penggunaan Aplikasi SALAM BRIS (Sistem Aplikasi Laboratorium Minibanking BRISyariah) ini adalah dokumen yang telah disahkan untuk menjadi panduan teknis bagi user dalam operasional Pemakaian Aplikasi SALAM BRIS

Dokumen ini menjadi hak cipta Information Technology Group PT. Bank BRISyariah

Jakarta, Oktober 2015 Mengetahui

Sam’on Hidayat IT Group Head


PENDAHULUAN

Aplikasi SALAM BRIS adalah Aplikasi simulasi yang diperuntukan untuk Praktikum Perbankan Syariah pada Universitas yang mempunyai jurusan Perbankan Syariah. Aplikasi ini didesain khusus oleh IT Group BRISyariah yang disesuaikan dengan kegiatan operasional perbankan syariah khususnya pada Bank BRISyariah.
Pada Aplikasi ini terdapat beberapa Modul yaitu :
1.      Front Office Modul
2.      Back Office Modul
3.      Customer Information File (CIF ) Modul
4.      Current Account / Saving Account
5.      Time Deposit Modul
6.      Pembiayaan Modul
7.      GL Modul
8.      Reporting Modul
Petunjuk Teknis (Juknis) Penggunaan Aplikasi SALAM BRIS ditujukan sebagai panduan bagi pengguna untuk menggunakan Aplikasi ini dari Pembukaan CIF hingga COB.


1.       Pengenalan Mini Banking

SALAM BRIS merupakan aplikasi web based yang menggunakan userid dan password untuk dapat mengaksesnya. Berikut sekilas tampilan Mini banking

Setelah diinput userid dan password maka pengguna dapat masuk kedalam aplikasi mini banking dan akan mendapatkan menu sesuai dengan kewenangan.



Penjelasan gambar :
A)         Merupakan informasi nama pengguna yang sedang login, Role user, dan Cabang dimana user yang login terdaftar
B)          Merupakan daftar menu yang sesuai dengan pengguna yang sedang login.
C)          Menu Isian atau informasi jika salah satu daftar menu pada area B di pilih
D)         Informasi tanggal system yang aktif.

2.       Modul CIF (customer indentification file)

Modul CIF adalah modul paling awal dalam proses pembukaan rekening. Setiap calon nasabah harus mempunyai nomor CIF, no CIF pada mini banking ini terdiri dari 11 digit angka. Modul CIF ini ada pada setiap modul. Karena setiap pembukaan rekening tabungan, giro, deposito membutuhkan no CIF. Selain itu setiap pembukaan Agunan/Jaminan, Fasilitas dan Pembiayaan membutuhkan No. CIF.

Pembukaan CIF

Pembukaan CIF dilakukan oleh Customer Service. Menu yang yang dipilih adalah CIF – Pembukaan CIF

kemudian akan muncul menu isian untuk CIF di sebelah kanan setelah diisi lengkap seperti dibawah ini lalu klik tombol buat CIF





akan muncul pesan bahwa pembukaan CIF berhasil dan tampilan seperti dibawah ini.



Setelah Proses pembukaan CIF berhasil dapat dilanjutkan dengan Pembukaan Rekening yang akan kita bahas pada Modul selanjutnya.

Inquiry CIF

Inquiry CIF adalah menu yang digunakan untuk mencari no CIF yang telah dibuat sebelumnya.



Portofolio Nasabah


Untuk melihat Portofolio nasabah atau daftar rekening dan pembiayaan seorang nasabah dapat menggunakan menu Inquiry CIF, kemudian mencari nasabah yang diinginkan, lalu klik menu portofolio. Akan muncul data CIF nasabah dan daftar rekening yang dimiliki oleh nasabah tersebut


Maintain Data CIF

Untuk merubah data nasabah CIF, yang harus dilakukan adalah klik pada menu inquiry CIF kemudian cari nasabah yang akan di ubah datanya setelah itu di klik tombol ubah data CIF



maka akan muncul pesan proses maintain CIF telah berhasil




3.       Modul Front OfficeSub Modul Supervisor Backoffice

Modul front office modul terdiri dari beberapa sub modul yaitu :
1.      Sub Modul Customer Service
Sub modul ini terdiri dari pembukaan Rekening Tabungan Wadiah, Giro Wadiah, Deposito Mudharabah, Penerbitan Cek/BG, Pemeliharaan Rekening (Blokir saldo dan Blokir / Lepas Rekening), Penutupan rekening
2.      Sub Modul Teller
Sub Modul ini terdiri dari Inquiry Rekening Koran , Transaksi teller, Awal hari, Akhir Hari, Setor Tunai, Tarik Tunai, Tarik Tunai tutup rekening, Pindah Buku, Inquiry Transaksi Teller dan inquiry transaksi teller yang belum diotorisasi
3.      Sub Modul Supervisor
Sub Modul Supervisor terdiri dari Otorisasi untuk seluruh Sub Modul Customer Service, Sub Modul Teller hingga Modul Pembiayaan.

Sub Modul Customer Service

Pembukaan Rekening Tabungan / Giro

Pembukaan Rekening Tabungan dilakukan oleh Customer Service dengan menggunakan menu Pembukaan- Rekening.



Dipilih Produk yang akan dibuka Tabungan atau giro, kemudian dilanjutkan dengan Penginputan no. CIF. Dan data-data lainnya

Setelah selesai di klik tombol Buat Rekening, akan muncul pesan menunggu otorisasi Spv



Pemeliharaan Rekening

Menu Pemeliharaan Rekening terdapat beberapa fungsi yaitu untuk blokir saldo dan blokir rekening, Blokir saldo digunakan untuk memblokir sejumlah saldo namun masuh dapat bertransaksi. Sedangkan blokir rekening digunakan untuk meblokir rekening agar tidak bisa di debet, tidak bisa dikredit atau tidak bisa bertransaksi

Blokir Saldo

Pilih menu Rekening – P emeliharaan Rekening – Blokir Saldo



masukkan data rekening yang akan di blokir saldonya lalu klik tombol create , maka muncul pesan


Otorisasi oleh supervisor:



Blokir/Lepas Rekening

Untuk melakukan Blokir Debet, Kredit Atau Blokir Rekening maka digunakan menu ini.
Pilih menu Rekening – P emeliharaan Rekening – Blokir / Lepas Rekening Masukkan no rekening yang akan di maintain.

Lalu klik tombol cari, maka akan muncul:



Pilih tipe blokir, Debet, Kredit, Rekening atau Lepas kemudian masukkan keterangan blokir Lalu Klik tombol Create , akan muncul pesan menunggu otorisasi SPV



Penutupan Rekening

Menu ini digunakan unuk menutup rekening. Menu yang digunakan adalah Rekening – Penutupan rekening, Masukkan No rekening yang akan di tutup kemudian klik Cek Rekening maka data-data rekening tersebut akan muncul, yang perlu dilakukan adalah diinput alasan tutup dan melakukan pemilihan sisa saldo, apakah akan di tarik tunai atau pindah buku. Setelah selesai Klik tombol tutup rekening

maka akan muncul:

Lalu Klik tombol detail, maka muncul:


Inquiry Rekening

Pada menu Customer Service terdapat beberapa menu inquiry yaitu :




Inquiry Pembukaan Tabungan/Giro Belum Diotorisasi




Inquiry Penutupan Tabungan/Giro Belum Diotorisasi



Inquiry Rekening Aktif


Inquiry Rekening Tidak Aktif




Inquiry Rekening Koran




Cek / BG

Cek / Bilyet Giro adalah salah satu sarana penarikan tunai untuk jenis rekening giro.

Penerbitan Cek/BG
Untuk penerbitan Cek digunakan menu Cek/BG – Penerbitan Cek





Setelah data-data diisi dengan lengkap maka klik tombol create, akan muncul pesan menunggu otorisasi SPV



Inquiry Penerbitan BG
Inquiry Cek BG



Deposito

Pembukaan Deposito dilakukan oleh Customer Service.

Pembukaan Deposito
Pembukaan deposito dilakukan dengan menggunakan menu Deposito – Pembukaan Deposito




Break Deposito
Deposito dapat ditutup sebelum jatuh tempo dengan menggunakan menu break.



Pilih menu Inquiry Deposito – Break Deposito
setelah selesai dinput data-datanya klik tombol Break Deposito, kemudian akan muncul pesan untuk otorisasi oleh supervisor





Cetak Bilyet




Inquiry Deposito
Inquiry Break Deposito Belum Diotorisasi



Inquiry Deposito Aktif


Inquiry Deposito Tidak Aktif

Sub Modul Teller

Rekening
Inquiry Rekening
Klik menu Inquiry – Inquiry Rekening

Lalu klik tombol Tampilkan, maka akan muncul:




Transaksi Teller


Transaksi Awal hari
Transaksi pengambilan modal untuk awal hari. Diisikan data Lalu klik tombol create, maka muncul:
Transaksi membutuhkan otorisasi supervisor



Transaksi Akhir Hari
Untuk Penyetoran modal akhir hari. Otomatis akan muncul jumlah saldo yang di punyai oleh teller. lalu klik tombol create, akan muncul:



Transaksi Setor Tunai

Menu ini digunakan untuk melakukan setoran tunai. Data-data yang diinput adalah No Rekening, Nominal dan Keterangan, setelah lengkap Lalu klik Tombol simpan


Jika transaksi setoran melebihi limit teller maka contohnya sbb:


Menunggu otorisasi dari spv

Transaksi Tarik Tunai
Untuk Penarikan tunai dapat menggunakan menu transaksi tunai. Masukkan no rekening dan nominal penarikan

Lalu klik tombol simpan, maka akan muncul:


Jika transaksi tarik tunai melebihi limit transaksi teller maka harus meminta otorisasi dari spv (langkahnya sama dengan setoran yang melebihi limit transaksi)


Pindah Buku
Lalu klik tombol proses, maka akan munculnya




Sub Modul Supervisor

REKENING


Otorisasi Pembukaan Rekening
Lalu klik OTORISASI, maka akan muncul:




Pemeliharaan Rekening

Otoritas Blokir/Lepas Saldo
Lalu klik OTORISASI, akan muncul:


Lalu klik Otorisasi, maka akan muncul:




Otorisasi Blokir/Lepas Rekening
Lalu Klik OTORISASI, maka akan muncul:




Otorisasi Lepas Blokir debet
Pilih Transaksi yang akan diotorisasi lalu klik OTORISASI





Otorisasi Penutupan Rekening

Tutup dan pindah buku
lalu klik Otorisasi, maka akan muncul




Lalu klik setuju, maka akan muncul:



CEK/BG


Otorisasi Penerbitan Cek/BG









Inquiry Penerbitan Cek/BG



Inquiry Cek BG


DEPOSITO


Otorisasi Pembukaan Deposito
Sebelum deposito dapat terbit maka harus dilakukan Otorisasi terlebih dahulu. Dengan menggunakan menu Deposito – Otorisasi Pembukaan Deposito




Otorisasi Break Deposito




Inquiry Deposito
Inquiry Deposito Aktif

Inquiry Deposito Tidak Aktif


TRANSAKSI TELLER


Otorisasi Transaksi awal hari teller
Pilih Menut Otorisasi transaksi awal hari teller Lalu klik Otorisasi, maka akan muncul:



Transaksi Tutup Hari


Otorisasi Transaksi Teller

Otorisasi transaksi setor
Pilih transaksi yang akan di otorisasi lalu klik OTORISASI, maka muncul:



4.       Modul BackOffice

Modul backoffice adalah modul yang berkaitan dengan kegiatan backoffice suatu Cabang. Modul backoffice terdiri dari beberapa sub modul yaitu
1.      Sub Modul Back Office
Sub modul ini terdiri dari inquiry rekening, Transaksi Pindah Buku Umum, inquiry Transaksi Pindah Buku Umum dan Informasi Akun
2.      Sub Modul Administrasi Pembiayaan
Sub Modul ini terdiri dari pembukaan jaminan, Pembukaan Fasilitas, Penambahan Fasilitas dan Pembukaan Pembiayaan.
3.      Sub Modul Operasional Pembiayaan
Sub Modul ini terdiri dari Pembayaran Uang muka, Pencairan Pembiayaan
4.      Sub Modul Operasional Kantor Pusat
Sub Modul ini terdiri dari Pembuatan User dan Proses Close of Business
5.      Sub Modul Supervisor Backoffice
Sub Modul ini terdiri dari otorisasi untuk Sub Modul Backoffice, Administrasi Pembiayaan, Operasional Pembiayaan, Operasional Kantor Pusat.


Sub Modul Backoffice

Menu ini digunakan untuk melakukan transaksi pindah buku umum, seperti pembayaran Alat Tulis Kantor, Pembelian Gedung, Pembelian Bensin dan lain-lain. Setelah login dengan user backoffice. Pilih Transaksi Lainnya – Transaksi Pindah Buku Umum.



Setelah diinput no rekening debet dan no rekening kredit klik tombol proses



akan muncul transaksi membutuhkan otorisasi.
Login dengan menggunakan menu supervisor kemudian pilih Transaksi Lainnya – Otorisasi Transaksi Pindah Buku Umum.



Klik Otorisasi – kemudian Klik Tombol Otorisasi



Transaksi Telah berhasil di otorisasi

Sub Modul Administrasi Pembiayaan

Struktur pembiayaan dari Mini Banking ini adalah Pembukaan Jaminan, Pembukaan Fasilitas, Pembukaan Pembiayaan. Untuk saat ini Pembiayaan yang baru diakomodasi adalah Pembiayaan Murabahah.
Untuk pembukaan Pembiayaan yang perlu disiapkan no CIF yang sudah mempunyai rekening tabungan atau giro untuk pencairan dan pendebetan biaya.

Pembukaan Jaminan

Setelah mendapatkan data di atas maka login dengan menggunakan userid Administrasi Pembiayaan. Pilih Menu Jaminan – Pembukaan Jaminan. Seperti gambar berikut.


Masukkan No CIF dan klik cari, akan muncul Field agunan yang perlu diisi, Isi seluruh field dengan benar

Setelah itu klik tombol proses. Jaminan harus diotorisasi terlebih dahulu oleh supervisor.




Pembukaan Fasilitas

Setelah pembukaan jaminan dan telah diotorisasi maka dapat dilanjutkan dengan Pembukaan fasilitas.
Menu yang dipilih adalah Menu Fasilitas – Pembukaan Fasilitas kemudian masukkan no CIF dan klik tombol Cari



terdapat 2 jenis fasilitas yaitu unsecure dan secure, dimana unsecure tidak membutuhkan jaminan
hingga nominal Rp. 25.000.000 namun untuk fasilitas diatas Rp. 25.000.000 membutuhkan jaminan. Setelah diisi dengan Nominal fasilitas kemudian diklik tombol Proses


Pembukaan Pembiayaan

Setelah pembukaan fasilitas maka kita dapat melanjutkan dengan Pembukaan Pembiayaan. Dengan memilih menu Pembiayaan – Pembukaan Pembiayaan Murabahah.,

masukkan no CIF dan klik tombol Cari


Akan Muncul menu Pembukaan Pembiayaan yang harus diisi




Dapat dilakukan Penginputan Biaya sesuai dengan kebutuhan, Biaya Appraisal, Biaya Asuransi Jiwa dan lain-lain

setelah klik tombol proses maka akan muncul pesan pembiayaan belum diotorisasi serta data-data mengenai pembiayaan dan schedule angsuran.

Sub Modul Operasional Pembiayaan

Sub Modul ini dipakai setelah Pembukaan Pembiayaan selesai. Pada sub modul ini yang dilakukan adalah Pembayaran uang Muka, Pendebetan Biaya-biaya dan Pencairan Pembiayaan Ke Rekening Nasabah

Pembayaran Uang Muka dan Biaya

Untuk pembayaran uang muka dan Pendebetan Biaya setelah pembukaan pembiayaan selesai.
Pilih pada menu Pembiayaan Murabahah – Pembayaran Uang Muka dan Biaya

masukkan no Pembiayaan. Setelah itu akan muncul detail transaksi



setelah itu melakukan proses otorisasi oleh supervisor

Pencairan Pembiayaan Murabahah

Setelah Otorisasi Pembayaran Uang Muka dan Biaya-biaya. Maka dilanjutkan dengan pencairan Pembiayaan ke Rekening Nasabah.

Pencairan Pembiayaan dilakukan oleh Loan Ops. Dengan membuka menu Pencairan Pembiayaan Murabahah
Kemudian dimasukkan no pembiayaan yang akan dicairkan

Kemudian klik tombol cari, akan muncul detail pembiayaan dan angsuran



Kemudian jika data sudah benar maka di klik pada tombol Proses Pencairan Pembiayaan maka dana akan langsung masuk ke rekening nasabah.
Untuk melihatnya kita bisa menggunakan inquiry rekening koran apakah sudah berhasil atau belum






Sub Modul Operasional Kantor Pusat

Sub modul ini digunakan untuk menambah user sesuai dengan kewenangan. User yang ditambahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dan juga untuk melakukan proses Close Of Business atau akhir hari.

Tambah User

Untuk penambahan user dapat dilakukan dengan memilih menu User – Tambah User






Setelah diisi dengan lengkap pilih tombol create. User akan muncul pesan bahwa user telah dibuat

Inquiry User

Selain menu tambah user, terdapat menu inqury user yang dapat digunakan untuk mengubah data, mengganti password dan menonaktifkan userid

pada user yang akan dilakukan perubahan klik tombol Pencil.



Lakukan perubahan pada data yang diinginkan kemudian klik tombol save.

Close Of Business (Akhir Hari)

Menu ini digunakan untuk melakukan proses Akhir hari atau Akhir Bulan. Proses ini dilakukan oleh Petugas Kantor Pusat. Biasanya proses ini dilakukan pada malam hari.
Untuk melakukan proses akhir hari / akhir bulan pilih pada menu Close Of Business – Proses Close of Business.





Menu ini akan otomatis mendeteksi tanggal system hari ini. Kemudian tanggal hari kerja berikutnya. Jika tanggal hari kerja berikutnya adalah tanggal 1 bulan berikutnya. Maka secara system proses yang dilakukan adalah Akhir Bulan.


Sub Modul Supervisor Backoffice

Otorisasi Pembukaan Jaminan

Pilih Menu – Jaminan – Otorisasi Pembukaan Jaminan.

Pilih Jaminan yang akan ditorisasi.


Klik Otorisasi.



Otorisasi Pembukaan Fasilitas

Pilih Menu Fasilitas – Otorisasi Fasilitas, Pilih fasilitas yang akan diotorisasi


Akan muncul informasi Fasilitas telah diotorisasi dan detail fasilitas




Otorisasi Pembukaan Pembiayaan Murabahah

Setelah dilakukan pembukaan pembiayaan maka akan dilakukan Otorisasi oleh Supervisor

Pilih pembiayaan yang akan di otorisasi

akan muncul detail pembiayaan dan schedule angsuran.



Klik otorisasi setelah itu melakukan pencetakan Surat Perintah Pencairan Pembiayaan (SP3)






setelah dilakukan pencetakan, proses pembukaan pembiaayaan selesai. Selanjutnya adalah Proses Pencairan dan pendebetan biaya

Otorisasi Pembayaran uang Muka dan Biaya

Setelah dilakukan penginputan Pembayaran uang muka dan biaya maka harus dilakukan otorisasi oleh supervisor





DAFTAR KONTAK

Laboratorium Mini Banking
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya


Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya
HP       : 085654159455
Email   : febi@iain-palangkaraya.ac.id

 
IT Business Analyst Department Information Technology Group

PT Bank BRISyariah

Menara Jamsostek Selatan Lt. 24 Jl. Gatot Subroto 38, Jakarta 12710
Telp     : +6221 52901777 142
Faks     : +6221 52901785

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dosen Perbankan Syariah IAIN Palangka Raya

https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi/detail/QTk3RkI4NTUtNEJGMi00MEM0LUI4NzMtNzM4NURBNEJBQ0M5