Selasa, 05 Juni 2018

RENCANA OPERASIONAL PRODI PERBANKAN SYARIAH IAIN PALANGKA RAYA



RENCANA OPERASIONAL

2018/2019
 
PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKARAYA





KATA PENGANTAR 

Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, dan inayah–Nya, sehingga Rencana Operasional (Renop) Program Studi Perbankan Syariah IAIN Palangkaraya tahun 2018/2019 telah tersusun dengan baik.
Rencana Operasional (Renop) Program Studi Perbankan Syariah tahun 2018/2019 merupakan penjabaran dari Rencana Strategis Program Studi tahun 2015-2019 yang telah ditandatangani oleh Rektor IAIN Palangkaraya. Dengan tersusunnya Renop Program Studi Perbankan Syariah ini, maka arah pengembangan program studi menjadi terarah dan terintegrasi. Target-target kuantitatif dan kualitatif yang dinyatakan dalam Renop Program Studi ini ditetapkan untuk melaksanakan Misi dalam rangka mewujudkan Visi Program Studi. Indikator kinerja digunakan sebagai dasar untuk mengukur pencapaian tujuan dan sasaran strategis. Penetapan indikator kinerja dan target kinerja diharapkan perencanaan program dan kegiatan di unit satuan kerja Program Studi Perbankan Syariah lebih terarah dan terkendali secara optimal untuk mencapai tujuan dan sasaran Program Studi Perbankan Syariah

Palangkaraya, …………….2018
Ketua Prodi Perbankan Syariah


Muzalifah




DAFTAR ISI






BAB I

PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Prodi Perbankan Syariah IAIN Palangkaraya berdiri pada tahun 2015 berdasarkan Keputusan …….. Nomor: ………… tanggal … . Meskipun tergolong baru, Profi Perbankan dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghadapi tantangan global. Prodi Perbankan Syariah diharapkan mampu mensejajarkan diri dengan prodi Perbankan dari universitas tekemuka di Indonesia maupun Asia dalam hal mutu pendidikan, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Dokumen Rencana Operasional merupakan penjabaran lebih lanjut dari Rencana Strategis Program Studi Perbankan Syariah IAIN Palangkaraya Tahun 2018/2019 yang memuat rumusan program dan kebijakan serta rencana dan target yang bersifat kuantitatif dan operasional dari masing-masing tujuan dan sasaran yang akan dicapai.
Renop Prodi Perbankan Syariah ini merupakan bagian dari pedoman kerja pada unit kerja yang ada di Prodi Perbankan Syariah. Penyusunan program/kegiatan di dalam Renop ini mengacu kepada isu-isu strategis Prodi Perbankan Syariah, secara garis besar menyangkut empat elemen yaitu: (1) Akademik dan Perencanaan (2) Sumber daya manusia, (3) Kemahasiswaan, dan (4) Peningkatan mutu.

B.   TUJUAN

Renop Prodi Perbankan Syariah 2015-2019 ini merupakan penjabaran dari Renstra Prodi Perbankan Syariah 2015-2019. Tujuan penyusunan RENOP ini untuk memberikan rencana kegiatan Prodi Perbankan Syariah dalam 5 tahun ke depan. Adapun tujuan dari penyusunan Renop ini adalah sebagai berikut:
1.    Penyusunan Program Kerja Ketua Program Studi
2.    Pelaksanaan Peningkatan Akademik Program Studi
3.    Pelaksanaan Peningkatan Sumber Daya Manusia Program Studi
4.    Pelaksanaan Peningkatan Kemahasiswaan Program Studi
5.    Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi
6.    Pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi pada Program Studi

C.   STRUKTUR ORGANISASI



D.   URAIAN TUGAS

Untuk mendukung kelancaran mekanisme pelaksanaan struktur organisasi Prodi, maka perlu dijabarkan tugas dari masing-masing jabatan. Adapun uraian tugas dari masing-masing jabatan adalah sebagai berikut:
No.
Jabatan
Uraian Tugas
1
Ketua Program Studi
1.    Membantu Wakil Dekan I dalam pelaksanaan tugas akademik di bidang Program Studi Perbankan Syariah
2.    Menyusun dan melaksanakan Rencana Strategis program studi berdasarkan Renstra Fakultas yang akan dicapai pada masa jabatannya dengan melibatkan para dosen.
3.    Menyusun konsep rencana pengembangan Program Studi
4.    Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan program studi kepada dekan.
5.    Mewakili program studi dalam rapat-rapat dinas di tingkat Fakultas atau Univesitas.
6.    Mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, kegiatan kemahasiswaan dan kerjasama pada lingkup program studi.
7.    Mengevaluasi kurikulum program studi minimal dua tahun sekali
8.    Menentukan dosen pengampu mata kuliah tiap semester.
9.    Menyusun kurikulum dan pendistribusian mata kuliah
10.  Menentukan dosen pembimbing dan penguji PKL dan tugas akhir.
11.  Melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa
12.  Mengkoordinasikan pembuatan GBPP dan RPS
13.  Mengevaluasi kinerja dosen
2
Sekretaris Pogram Studi
1.    Membantu Ketua Program Studi dalam kegiatan akademik.
2.    Membantu Ketua Program Studi menyusun kurikulum dan pendistribusian mata kuliah.
3.    Membantu Ketua Program Studi mengevaluasi kinerja dosen.
4.    Membantu Ketua Program Studi dalam pendistribusian dosen pembimbing akademik dan skripsi mahasiswa.
5.    Membantu Ketua Program Studi mengevaluasi kurikulum.
6.    Menghimpun dan menyampaikan permasalahan para dosen dan mahasiswa kepada Ketua Program Studi.
7.    Menyusun jadwal Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester dan Ujian Skripsi.
8.    Menghimpun dan mengolah data kemajuan akademik mahasiswa.
9.    Menginformasikan cuti akademik mahasiswa kepada Ketua Program Studi.
10.  Menyusun dan melaporkan lulusan berikut IPK.
11.  Mendokumentasikan semua kegiatan program studi
3
Kepala Lab/Galeri
1.    Bertanggung jawab terhadap inventaris alat dan bahan praktikum
2.    Menyusun rencana dan program kerja atau kegiatan
3.    Mengkoordinir, mengatur dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk praktikum
4.    Menyusun petunjuk teknis (SOP) penggunaan laboratorium/galeri
5.    Menyusun rencana pengadaan, perawatan peralatan laboratorium
6.    Melakukan koordinasi pengembangan ilmu pada bidang perbankan melalui kegiatan penelitian
7.    Menyusun laporan pengelolaan laboratorium secara periodik
8.    Melakukan koordinasi dengan kelompok dosen keahlian untuk pengembangan payung penelitian.
4
Dosen
1.    Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
2.    Merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
3.    Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan selajan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4.    Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.
5.    Menjunjung tinggi Peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik, serta nilai-nilai agama dan etika
6.    Menyusun laporan Beban Kerja Dosen (BKD)
7.    Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
5
Tenaga Kependidikan
1.    Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik Program Studi;
2.    Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi surat menyurat Program Studi;
3.    Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi dokumen-dokumen Jurusan;
4.    Membantu pengeloaan data base Program Studi.
6
Laboran
1.    Membantu pelaksanaan persiapan Laboratorium setiap semester dibawah arahan Ketua Laboratorium
2.    Membuat berita acara untuk setiap kerusakan/keurangan/kehilangan alat-alat praktikum dan melaporkan ke Ketua Laboratorium
3.    Mendampingi Dosen dalam melaksanakan praktikum
4.    Merawat, menjaga dan menginventarisasi peralatan Laboratorium
5.    Menyiapkan bahan dan peralatan yang dipakai praktikum
6.    Bertanggung jawab kepada atasan langsung



BAB II

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

A.   Visi Program Studi

Visi Program Studi Perbankan Syariah FEBI IAIN Palangka Raya adalah:
Berkarakter di sektor keuangan syariah dan unggul di era masyarakat perbankan 2020

B.   Misi

Program Studi Perbankan Syariah memiliki misi yaitu:
1.      Menyelenggarakan pendidikan dengan pendekatan competency based training dan penguasaan konsep dalam bidang perbankan syariah;
2.      Menghasilkan riset dan publikasi ilmiah dalam bidang perbankan syariah.
3.      Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di bidang perbankan syariah untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
4.      Menyiapkan tenaga ahli di bidang perbankan syariah yang profesional untuk pengembangan perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah non bank.

C.   TUJUAN

1.    Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah non-bank berdasarkan prinsip-prinsip Syariah dengan kompetensi:
a. Memiliki Kemampuan di bidang Perbankan Syariah;
b. Memiliki kecakapan dalam memberikan masukan (advise) terkait keuangan syariah;
c. Memiliki kecakapan dalam mengelola usaha di bidang keuangan;
d. Mampu mendesain dan melaksanakan pengelolaan perbankan Syariah;
e. Mampu memberikan saran dan solusi terkait masalah keuangan syariah;
f.  Mampu mengelola usaha secara mandiri.
2.    Menghasilkan riset yang unggul di bidang perbankan syariah yang dapat diaplikasikan untuk masyarakat.
3.    Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan.
4.    Memiliki kompetensi sebagai dewan pengawas syariah dan dewan syariah nasional.

D.   SASARAN

Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Perbankan Syariah yaitu:
1.   Mewujudkan pendidikan dan pembelajaran Perbankan Syariah yang professional berakhlak mulia.
2.   Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat.
3.   Menciptakan pengelolaan dan pelayanan akademik yang optimal dengan manajerial yang rofessional dan kompetitif.
4.   Mencetak lulusan yang memiliki kompetensi, mandiri, dan rofessional dengan komitmen yang kuat dalam bidang Ilmu Perbankan Syariah.
5.   Mewujudkan kerjasama regional, nasional dan internasional dalam pengembangan keilmuan Perbankan Syariah.

BAB III

STRATEGI, KEBIJAKAN DASAR DAN INDIKATOR KINERJA
No
Sasaran
Strategi
Indikator Kinerja
Pencapaian
Baseline
2016/2017
Target capaian
2018/2019
1
Mewujudkan pendidikan dan pembelajaran Perbankan Syariah yang professional berakhlak mulia.
a.    Meningkatkan mutu kurikulum dan silabus untuk memenuhi standar nasional dengan kebijakan pengembangan dan otonomi akademik;
Kesesuaian kurikulum
dengan kebutuhan
stakeholders dan integrasi
nilai-nilai Islam
50 %
80%
b.    Meningkatkan mutu dosen melalui pembinaan, pendidikan dan pelatihan, workshop, seminar, dan kompetisi;
kegiatan pelatihan, seminar, lomba dan workshop yang sesuai dengan bidang ilmu dosen tingkat internasional
5 Nasional
1 Internasional
5 Nasional
3 Internasional
c.     Penambahan media pembelajaran secara simultan dan bertahap;
Kelengkapan media pembelajaran
Lab mini bank
Lab pendidikan dewan pengawas syariah
Lab bisnis dan pusat karir
d.    Monitoring dan evaluasi mutu secara rutin dan periodik;
Peningkatan pembelajaran dosen
60%
70%
e.     Program studi banding antar perguruan tinggi.
Melakukan studi banding
Nasional
Nasional dan Internasional
f.     Pembudayaan karakter islami dan pengembangan bahasa di kampus yang terintegrasi dengan ma’had.
Bela dan beli produk syariah
50%
60%
2
Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat.
a.    Program pemberian insentif penelitian dan pengabdian masyarakat yang selektif dan kompetitif;
Jumlah publikasi karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat
1 nasional terakreditasi

2 pengabdian kepada masyarakat
1 nasional terakreditasi dan berdampak
2 pengabdian kepada masyarakat
b.    Program penjaminan mutu dengan berstandar pada baku mutu dan pedoman penelitian dan pengabdian masyarakat;
Bimtek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
60%
65%
c.     Program pengikutsertaan riset bertaraf nasional dan internasional di bidang Perbankan Syariah;
Keikutsertaan riset nasional dan internasional
4 Nasional
1 Internasional
5 Nasional
2 Internasional
d.    Program peningkatan partisipasi mahasiswa dan masyarakat dalam mengangkat dan mengembangkan potensi masyarakat binaan.
Kegiatan pengembangan masyarakat binaan
2
4
e.     Program pengembangan pertukaran mahasiswa (joint program) dengan perguruan tinggi/program studi yang bermutu, baik dalam ataupun luar negeri sehingga mahasiswa mendapatkan gelar ganda.
Mahasiswa yang berpartisipasi
0
1      luar negeri

3
Menciptakan pengelolaan dan pelayanan akademik yang optimal dengan manajerial yang professional dan kompetitif.
a.    Pogram peningkatan kompetensi/mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, melalui pendidikan, pelatihan, workshop, pembinaan, seminar dan focus grup discussion;
Meningkatkan pelatihan-pelatihan
1
3
b.    Program pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana lebih lengkap dan menunjang pegelolaan dan pelayanan akademik;
Pengadaan sarana dan prasarana
galeri investasi, laboratorium komputer
Pojok Bursa Efek

c.     Program penjaminan mutu manajemen dengan kebijakan perencanaan seksama, menyeluruh dan terpadu
Kinerja Tim penjamin mutu
50%
70%
4
Mencetak lulusan yang memiliki kompetensi, mandiri, dan professional dengan komitmen yang kuat dalam bidang Ilmu Perbankan Syariah.
a.    Program penggalian, pengembangan, dan pembinaan minat dan bakat mahasiswa;
Kegiatan mahasiswa
4
6
b.    Program pembinaan dan pengawasan integratif pada setiap kegiatan akademik;
Monitoring dan evaluasi proses pembelajaran
75%
85%
c.    Program peningkatan kualitas mutu praktikum;
Panduan praktikum
60%
75%
d.    Program peninjauan kurikulum dan silabus secara periodik dan berkesinambungan;
Kurikulum disesuaikan dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan bursa kerja
75%
85%
5
Mewujudkan kerjasama regional, nasional dan internasional dalam pengembangan keilmuan Perbankan Syariah
a.      Program penguatan jaringan kerjasama yang telah berjalan;
kerjasama dengan instansi pemerintahan dan swasta
34 kerjasama
40 kerjasama
b.      Program Penambahan jaringan kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi nasional dan internasional bidang Perbankan Syariah melalui pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi;
kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi nasional dan internasional
6 kerjasama
10 kerjasama
c.      Program pengembangan kerjasama dengan alumni dan stakeholder
kerjasama dengan alumni
0
0


BAB IV

PENUTUP

Rencana Operasional Prodi Perbankan Syariah tahun 2018/2019 ini diharapkan dapat memberi arah gerak dalam melaksanakan kegiatan Prodi perbankan syariah IAIN Palangkaraya. Dokumen Renop ini dapat menjadi acuan resmi dalam merencanakan kegiatan yang berada pada unit kerja di lingkungan Prodi Perbankan Syariah. Dengan adanya Renop, maka akan memudahkan pimpinan dan program studi dalam menentukan arah pelaksanaan kebijakan.
Renop Prodi Akuntansi ini diharapkan dapat menjawab isu-isu strategis yang meliputi: (1) Akademikdan Perencanaan (2) Pengelolaan Sumber Daya, (3) Kemahasiswaan, dan (4) Penjaminan mutu. Target yang ditetapkan dalam dokumen merupakan hasil kesepakatan bersama seluruh unit Prodi Perbankan Syariah untuk selanjutnya perlu dilakukan monitoring dan evaluasi atas implementasi Renop yang dilakukan.
Pemahaman civitas akademika Prodi Perbankan Syariah terhadap isi dari dokumen rencana operaional ini merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan implementasinya. Untuk itu usaha yang sungguh-sungguh harus dilakukan untuk mensosialisasikan rencana operasional ini dan segala perubahannya. Satu tahun adalah waktu yang sangat singkat untuk melaksanakan halhal yang besar. Oleh karena itu, Renop Prodi Perbankan Syariah ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong dalam menciptakan kesejahteraan, kemajuan, kenyamanan dalam suasana akademik yang lebih menyenangkan bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dosen Perbankan Syariah IAIN Palangka Raya

https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi/detail/QTk3RkI4NTUtNEJGMi00MEM0LUI4NzMtNzM4NURBNEJBQ0M5